Dinas Kesehatan Murung Raya Sinkronisasi Program 2024

Selasa, 16 Januari 2024 | Admin

Puruk Cahu – Dinas Kesehatan Kabupaten Murung Raya (Dinkes Mura) menggelar rapat kerja teknis (Rakernis) bersama Unit Pelaksana Teknis (UPT), Kepala Puskesmas se-Murung Raya dan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Puruk Cahu dalam rangka sinkronisasi program tahun 2024. Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan, dr. Suwirman Hutagalung di Aula Dinas Kesehatan setempat, Selasa (16/1/2024).

Ketua Panitia Pelaksana kegiatan, Theresia Sri Rahayu mengatakan tujuan pelaksanaan Rakernis ini untuk melaksanakan koordinasi dan sinkronisasi program dan kegiatan Dinas Kesehatan Kabupaten Murung Raya tahun 2024 dengan seluruh Kepala Puskermas dan jaringannya ditingkat kecamatan yang merupakan ujung tombak pelaksana program kegiatan kesehatan ditingkat lapangan.

“Selanjutnya melakukan analisa atau evaluasi permasalahan serta tindaklanjut terhadap serapan anggaran tahun 2023,” Kata Theresia Sri Rahayu.

Pj Bupati Murung Raya dalam sambutan yang dibacakan oleh Kepala Dinas Kesehatan, dr. Suwirman Hutagalung mengungkapkan kebanggaan, kebahagiaan, sekaligus rasa syukur yang mendalam atas terlaksananya Rakernis lingkup Dinas Kesehatan Kabupaten Murung Raya sebagai salah satu bentuk upaya revitalisasi di bidang kesehatan. Sehingga, diharapkan program dibidang kesehatan dapat berjalan dengan maksimal.

Kemudian, lanjut Suwirman, sesuai dengan visi dan misi pemerintah daerah Kabupaten Murung Raya yaitu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat hingga mencapai Murung Raya Emas tahun 2030, salah satunya adalah melalui peningkatan kualitas SDM dibidang kesehatan.

”Banyak sudah yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah untuk mencapai tujuan tersebut seperti pembangunan sarana dan prasarana kesehatan. Pembangunan kesehatan masyarakat tidaklah mudah semudah membalik telapak tangan, banyak kendala dan tantangan. Tetapi hal tersebut dapat kita atasi bersama-sama jika kita punya tekad dan keinginan yang kuat,” ungkap Suwirman.

Suwirman melanjutkan, dengan dilaksanakannya Rapat Kerja ini diharapkan dapat melakukan Koordinasi dan Sinkronisasi Program dan Kegiatan Dinas Kesehatan Kabupaten Murung Raya Tahun 2024 dengan seluruh Puskesmas dan Jaringanya di tingkat Kecamatan selalu ujung tombak pelaksana program dan kegiatan kesehatan di tingkat lapangan dalam mendukung program Murung Raya Sehat. Serta dapat memberikan masukan perbaikan kinerja tahun 2024, sehingga permasalahan yang ada dapat teratasi dan mencapai hasil yang lebih baik.

“Seperti dalam masalah sarana dan prasarana masih terdapat kekurangan disana sini, akan tetapi pemerintah daerah Murung Raya selalu berupaya semaksimal mungkin untuk meminimalisir kekurangan tersebut melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Murung Raya dan RSUD Puruk Cahu serta jajarannya yang dapat dilihat pada setiap tahun anggaran selalu memperhatikan peningkatan penambahan pembangunan Pustu pada setiap desa, penambahan pembangunan untuk Puskesmas Rawat Inap, Rehab Puskesmas dan pengadaan alat-alat kesehatan lainnya,”harapnya.

Suwirman menambahkan, apa yang telah dilakukan pemerintah daerah juga tidak akan bisa berjalan dengan baik dan lancar jika tidak adanya dukungan dari pihak legislatif yang dalam hal ini sebagaimana pemegang keputusan untuk anggaran kegiatan pembangunan, akan tetapi berkat terjalinnya kerjasama yang baik maka tidak terjadi kendala-kendala yang dihadapi.

”Saya juga berharap seluruh aparatur dan tenaga kesehatan serta dinas terkait dapat turut bersama-sama mendukung dan mensukseskan program Murung Raya Emas 2030 dengan bekerja sama dalam peningkatan promotif dan preventif secara optimal. Sehingga program Murung Raya sehat dapat tercapai,” pungkasnya.(RED)

Array

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya