Pemkab Barsel Gelar Peringatan Malam Nuzulul Quran 1445 H / 2024 M

Minggu, 31 Maret 2024 | Admin

Buntok – Pemerintah Kabupaten Barito Selatan (Pemkab Barsel) menggelar peringatan Nuzulul Quran 1445 H / 2024 M yang didahului dengan pelaksanaan sholat Isya dan taraweh berjamaah di Mesjid Agung Baiturrahman Buntok, Sabtu (30/03/2024) malam.

17 Ramadhan adalah salah satu peristiwa penting yang sudah begitu termasyhur di kalangan umat Islam adalah Nuzulul Quran. Nuzulul Quran adalah salah satu momen paling bersejarah yang dialami oleh umat Islam, momen itu menjadi awal turunnya Al-Qur’an kepada Rasulullah SAW.

Pada tahun 2024 ini Nuzulul Quran diperingati Pemkab Barsel bertepatan pada 30 Maret 2024. Malam Nuzulul Quran menjadi malam penuh keberkahan dan Allah SWT akan melipat gandakan pahala umat Islam yang memperbanyak ibadah di malam tersebut.

Usai Sholat Isya dan Taraweh berjamaah peringatan Nuzulul Quran 1445 H / 2024 M diawali dengan pembacaan ayat suci Al Quran oleh Ustadz Muhammadun, yang dilanjutkan sambutan oleh Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Barito Selatan KH. Suryadi Kurnain.

Penjabat (Pj) Bupati Barsel H. Deddy Winarwan dalam sambutannya mengatakan Peringatan Nuzulul Qur’an yang kita laksanakan pada malam ke-20 Ramadhan 1445 H ini, sebagai upaya untuk mengingatkan fungsi dan peran bagi kehidupan manusia sebagai khalifah di muka bumi sekaligus meningkatkan kecintaan terhadap Al-Qur’an.

Peringatan Nuzulul Qur’an sebagai bahan renungan bagi kita semua dalam usaha mengambil hikmah dari peristiwa turunnya kitab suci Al-Qur’an pada malam 17 Ramadhan, ujarnya.

“Mari menjadikan Al-Qur’an sebagai landasan keimanan dan landasan moral, baik dalam kehidupan pribadi, kehidupan keluarga, maupun kehidupan masyarakat, meningkatkan minat belajar Al-Qur’an, baik itu di rumah-rumah, disekolah ataupun di tempat–tempat pengajian Al-Qur’an, dengan tujuan agar kita semua mampu memahami dan mengamalkan isi kandungan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Mari kita hidupkan dan hiasi rumah-rumah kita dengan bacaan Al-Qur’an. kita jadikan generasi-generasi penerus kita sebagai generasi Qur’ani, ajak Deddy.

Kebesaran dan keberhasilan Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat yang maju dan bermartabat adalah konsistensi beliau yang terus berpegang teguh kepada Al-Qur’an sebagai landasan keimanan, landasan moral dan perilaku. Jika kita semua berpegang teguh dengan tuntunan Al-Qur’an dalam menjalani kehidupan ini, maka hidup kita akan penuh dengan keberkahan, kedamaian, serta kebahagiaan, pungkasnya.

Array

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya