Pemkab Mura Melalui DPMD: Dengan Adanya Siskeudes Online, Dapat Mempermudah Pengawasan

Kamis, 2 Mei 2024 | Admin

GOKALTENG, PURUK CAHU – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Murung Raya (Mura) Proviinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) melaksanakan kegiatan peluncuran sekaligus melakukan pembekalan pemanfaatan Sistem Keuangan Desa Online (Siskeudes) Online yang sebelumnya sebelum berganti nama dikenal dengan Sistem Informasi Manajemen Daerah (Simda).

Kegiatan yang pelaksanaannya pada hari, Kamis (2/5/2024) dengan mengambil tempat di Gedung B Cahai Ondhui Tingang Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Murung Raya (Mura) dihadiri Staf Ahli Bupati Kab. Mura, Rizal Samad, Kepala DPMD Kab. Mura, Lynda Kristiane, yang mewakili Dandim 1013/Mtw, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), para Kepala Desa (Kades) dan tamu undangan lainnya.

Melalui Staf Ahli Bupati Kab. Mura, Rizal Samad yang mewakili Pejabat (Pj) Kepala Daerah Kabupaten Murung Raya (Mura), Dr. Drs. Hermon, M.Si menyampaikan, di dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Pengelolaan Keuangan Desa disebutkan Keuangan Desa dikelola berdasarkan asas transparan, akuntabel, partisipatif serta dilakukan dengan tertib dan disiplin anggaran.

“Salah satu upaya Pemerintah untuk mewujudkannya adalah dengan melalui Sistem Tata Kelola Keuangan Desa (Siskeudes) yang berbasis aplikasi, akan sangat dapat membantu dan memudahkan Aparatur Desa dalam mengelola Keuangan Desa,” sampainya.

Mewakili Pejabat (Pj) Kepala Daerah Kabupaten Murung Raya (Mura), Dr. Drs. Hermon, M.Si, Rizal Samad juga mengharapkan, dengan adanya aplikasi Siskeudes Online yang telah berjalan dapat memudahkan user atau pengguna yaitu Pemerintah Desa (Pemdes) di dalam mengelola Keuangan Desa yang baik dan juga turut mempermudah serta membantu APIP di dalam melalukan pengawasan diiringi kemudahan dalam memperoleh data.

Pada kesempatan yang sama Kepala DPMD Kab. Mura, Lynda Kristiane menyampaikan, dari 116 (seratus enam belas) Desa di Kab. Mura. Sebanyak 93 (sembilan puluh tiga) persennya, Pemerintah Desa (Pemdes) yang ada di Kabupaten Murung Raya (Mura) saat ini telah menggunakan Siskeudes Online. (F55/Red)

Array

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya