Barito Utara Mencontoh Pemkab Banyumas Dalam Pengelolaan Sampah

Rabu, 12 Juni 2024 | Admin

MUARA TEWEH – Fraksi gabungan Amanat Rakyat Karya Sejahtera (ARKS) DPRD Kabupaten Barito Utara mempertanyakan mengenai penerapan teknologi apakah ada pembaruan atau rujukan yang akan diikuti oleh Pemkab Barito Utara dan apa saja teknologi dimaksud?.
Menanggapi hal tersebut, Pj Bupati Barito Utara, Drs Muhlis menerangkan, bahwa Pemkab Barito Utara mencontoh pengelolaan sampah di Banyumas.
“Pengelolaan tersebut berupa sampah organik dimanfaatkan kembali menjadi pakan maggot dan sampah anorganik seperti plastik digunakan untuk pembuatan keripik sampah atau Refuse Derived Fuel (RDF) dan paving block plastik,” kata Muhlis, Rabu 12 Juni 2024.
Menjawab pertanyaan tentang insentif kemana saja nanti akan dilakukan dan kepada pihak siapa saja serta berupa apa?
Pj Bupati menjelaskan bahwa sesuai Raperda tentang pengelolaan persampahan yang disampaikan, insentif diberikan kepada lembaga, badan usaha, atau perorangan.
“Insentif berupa penghargaan berupa uang, piagam, subsidi, bantuan modal, kemudahan perizinan dan atau keringanan atau pengurangan pajak daerah dan retribusi daerah dalam kurun waktu tertentu,” imbuhnya.
Pj Bupati berharap kedepan Pemkab Barito Utara juga dapat menerapkan teknologi ini dengan maksimal, sehingga sampah yang awalnya merupakan hal yang tidak bermanfaat menjadi hal yang berguna dan memiliki nilai ekonomi, sehingga mampu meningkatkan pendapatan masyarakat.(RED)

Array

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya