Dewan Harap Perencanaan dan Pengawasan Pembangunan Harus Seimbang

Sabtu, 27 April 2024 | Admin

BUNTOK – Pada tiap kegiatan proyek pembangunan, sejatinya harus mendahulukan perencanaan. Begitu pula dengan pengawasannya. Kedua hal ini tidak terpisahkan jika ingin hasil pembangunan menjadi optimal.

“Perencanaan dan pengawasan merupakan hal utama dari setiap proyek pembangunan, tak terkecuali pula bagi Kabupaten Barito Selatan. Hal itu dengan harapan supaya kegiatan pembangunan bisa terlaksana tepat waktu, karena jika dikerjakan dalam kondisi terdesak tentu hasilnya pun akan terkesan asal-asalan,” ucap Anggota DPRD Barsel, Tri Wahyuni Sabtu (27/4/2024).

Menurut wakil rakyat ini, apabila keakuratan data sudah dikantongi, maka semua bisa dijalankan dan disesuaikan dengan kondisi anggaran.

Dia mengatakan, dalam merencanakan bentuk kegiatan mulai dari konsultan hingga pelaksana teknis harus terlebih dahulu memiliki data yang akurat sehubungan dengan satuan harga.

“Kalau itu tak dilakukan, dipastikan bakal terjadi kegiatan yang ujungnya merugikan negara. Di mana akan mempengaruhi kualitas kegiatan pembangunan,” jelasnya.

Adanya data yang akurat, lanjutnya, tentu bisa digunakan untuk mengevaluasi sekaligus mengantisipasi terjadinya kenaikan harga pada masa pelaksanaan, terkhusus kaitannya dengan satuan harga bahan.

Selain itu, kunci pencapaian mutu dan kualitas sebuah kegiatan proyek pembangunan tergantung pula pada pengawasan, yang mana bisa terus dilakukan secara proaktif.

“Sehingga dengan adanya pengawasan, semua pengerjaan proyek dapat terkontrol dan sesuai perencanaan,” pungkasnya. (RED)

Array

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya