Kedepankan Transparansi Guna Meminimalisir Terjadinya Korupsi

Rabu, 22 November 2023 | operator

KUALA PEMBUANG – Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan menyebutkan jika dalam pelaksanaan atau sistem pemerintahan harus mengedepankan asas transparansi.

Wakil Ketua I DPRD Seruyan Bambang Yantoko mengungkapkan, hal ini dimaksudkan untuk dapat menciptakan kepercayaan timbal balik antar pemerintah dan masyarakat melalui penyediaan informasi serta menjamin kemudahan di dalam memperoleh informasi yang akurat dan jelas.

“Dalam pelaksanaan pemerintahan itu asas transparansi harus dikedepankan. Dengan demikian, seluruh lapisan masyarakat bisa mengetahui secara jelas terkait pelaksanaannya,” katanya.

Keterbukaan pemerintah terhadap pengawasan oleh masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan sangat penting. Keterbukaan ini dapat meminimalisir teradinya Korupsi, Kolusi maupun Nepotisme (KKN) dalam penyelenggaraan pembangunan. Hal sejatinya juga termasuk dalam tujuan dan sasaran pembangunan yakni menciptakan pemerintah yang bersih, baik serta profesional, mewujudkan sistem pemerintahan yang akuntabel dan berkinerja tinggi.

“Dan salah satu sasarannya juga adalah terwujudnya perencanaan, pengelolaan keuangan dan pengawasan pembangunan yang transparan dan akuntabel. Karena kita ingin pemerintah ini bisa berjalan baik, bersih dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” jelasnya.(Dit)

Array

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya