Pengelolaan SDA Harus diLakukan Secara Berkelanjutan

Rabu, 22 November 2023 | operator

KUALA PEMBUANG – Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan meminta kepada pemerintah daerah agar bisa melakukan pengelolaan terhadap Sumber Daya Alam (SDA) dan lingkungan secara berkelanjutan.

Anggota DPRD Seruyan Bejo Riyanto mengungkapkan, jika berbicara SDA, Kabupaten Seruyan memiliki potensi SDA yang sangat luar biasa di berbagai sektor mulai dari dari perkebunan, pertanian, perikanan dan lain sebagainya.

“Pengelolaan SDA itu harus bisa dilakukan secara berkelanjutan. Karena itu nantinya akan berkaitan dengan keberadaan lingkungan, perekonomian masyarakat maupun yang lainnya. Karena Seruyan inikan kaya sekali akan hasil alamnya,” katanya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, contohnya saja pengelolaan kekayaan alam pada sektor perikanan yang memang sudah sangat terkenal di Kabupaten Seruyan. Jika pemanfaatan dan pengelolaannya tidak dilakukan secara berkelanjutan, maka hasilnya juga tidak akan maksimal.

“Pengelolaan berkelanjutan dalam artian semuanya itu sudah tertata dengan baik, kalau misalnya kendala di pemasaran, maka carikan solusinya. Belum ada koperasi perikannya, maka bisa dibuatkan. Pembinaan kepada para nelayan juga perlu dilakukan,” ujarnya.

Selain itu, pemanfaatan dan pengelolaan secara berkelanjutan juga harus dilakukan oleh masyarakat atau nelayan itu sendiri. “Misalnya jangan sampai menangkap ikan dengan cara yang illegal, karena akan berdampak buruk terhadap ekosistem di lingkungan tersebut,” pungkasnya.(Dit)

Array

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya