Penyedia Jasa Angkutan Umum Diminta Utamakan Keselamatan Penumpang

Sabtu, 18 November 2023 | operator

KUALA PEMBUANG – Jajaran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan meminta kepada seluruh penyedia jasa angkutan umum agar bisa mengutamakan keselamatan penumpang saat beroperasi.

Anggota DPRD Seruyan Rudi Hartono mengungkapkan, hal ini khususnya menjelang perayaan hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah yang tentunya banyak masyarakat yang akan melakukan mudik, baik yang menggunakan kendaraan pribadi maupun jasa angkutan umum.

“Jelang lebaran ini pasti jumlah penumpang yang ingin naik jasa angkutan umum baik itu laut, udara maupun darat itu pasti akan meningkat drastis. Seiring dengan hal itu, saya berharap kepada seluruh penyedia jasa angkutan agar mengutamakan keselamatan penumpang,” katanya.

Dijelaskannya, penyedia jasa angkutan atau sopir jangan hanya berorientasi untuk mencari keuntungan sebanyak-banyaknya. Tapi hal utama yang paling penting adalah mengutamakan keselamatan penumpang. Salah satunya adalah jangan sampai kendaraan yang dipakai untuk mengangkut penumpang bermuatan melebihi kapasitas.

“Jangan sampai hanya karena ingin mengejar keuntungan sebanyak mungkin, akhirnya jumlah kapasitas muatannya dipaksakan hingga melebihi batas,” ujarnya.

Selain itu, dirinya juga mengimbau kepada supir kendaraan maupun penumpang serta seluruh lapisan masyarakat agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) selama mudik lebaran.

“Tetap gunakan masker. Jangan mengemudi dalam keadaan ngantuk atau berada di bawah pengaruh alkohol,” jelasnya.(Dit)

Array

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya