Saudi House di Doha (Foto dok SAFF)

Saudi House, Upaya Arab Saudi Promosikan Budaya Lewat Piala Dunia

Rabu, 7 Desember 2022 | Admin

DOHA — Arab Saudi sepertinya tidak mau melewatkan momentum gelaran Piala Dunia 2022 sebagai ajang promosi kebudayaan dan sejarah sepak bola negara kaya minyak tersebut. Pada edisi perdana Piala Dunia di kawasan Timur Tengah tersebut, Pemerintah Arab Saudi telah membuka Saudi House.

Area seluas 18 ribu meter persegi itu terletak di West Bay, salah satu distrik terbesar di Kota Doha, Qatar. Kawasan ini berada di tepi laut dan menghadap langsung ke Teluk Persia.

Saudi House ini hasil kerja sama Kementerian Olahraga Arab Saudi dengan Federasi Sepak Bola Arab Saudi (SAFF) dan resmi dibuka seiring dengan seremoni pembukaan Piala Dunia 2022. Tempat yang dibuka dari pukul 12 siang hingga 12 malam selama gelaran Piala Dunia 2022 ini siap menyambut para pengunjung dari berbagai usia.

Lewat Saudi House, yang terdiri dari 18 area tersebut, Pemerintah Arab Saudi mencoba menampilkan dan mempromosikan berbagai aspek kebudayaan negara tersebut. Area Green Zone menampilan sejarah sepak bola Arab Saudi, termasuk riwayat partisipasi timnas Arab Saudi di Piala Dunia. Selain itu, ada pula area Cooking Zone, yang meyediakan aneka kuliner khas Arab Saudi.

Begitu pula dengan kehadiran area Cultural Zone. Di area ini, para pengunjung paviliun Saudi House bisa mendapatkan informasi soal berbagai kebudayaan Arab Saudi, yang berasal dari lima wilayah di kerajaan tersebut. Setidaknya ada 21 kegiatan berbeda yang bakal digelar di area-area tersebut.

”Kami siap menyambut setiap orang yang berkunjung ke Saudi House ini selama gelaran Piala Dunia 2022. Kami yakin, sepak bola bisa menyatukan orang dari berbagai latar belakang dan usia. Saudi House merupakan kesempatan sempurna buat kami untuk menunjukan keanekaragaman budaya, keramahtamahan, dan sejarah panjang sepak bola di negara kami, kepada dunia,” ujar Menteri Olahraga Arab Saudi, Pangeran Abdulaziz bin Turki Al Faisal, dalam keterangan media yang diterima Republika.co.id, Senin (21/11/2022).

Saudi House pun siap menjadi tuan rumah buat para penonton untuk menyaksikan 64 pertandingan di Piala Dunia 2022. Sebuah layar LED raksasa disiapkan di salah satu sudut di kawasan ini dan berada di Falcon Stage. Selain kegiatan nobar, Falcon Stage juga akan mengelar berbagai pertunjukan musik.

 

sumber: https://www.republika.co.id/berita/rlpdzn348/saudi-house-upaya-arab-saudi-promosikan-budaya-lewat-piala-dunia

Array

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya