H. Sugianto Sabran dan Dr. Hermon Menanam Benih Padi Gogo Di Salah Satu Ladang Tradisional Milik Warga Laung Tuhup

Sabtu, 12 Oktober 2024 | Admin

GOKALTENG, PURUK CAHU – Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran di dalam rangkaian Kunjungan Kerja (Kunker) nya kemarin yang di dampingi langsung Pj. Bupati Kabupaten Murung Raya (Mura) Dr. Hermon juga melakukan penanaman Benih Padi Gogo yang untuk ketiga kalinya di salah satu ladang tradisional milik masyarakat atau warga di Wilayah Kecamatan Laung Tuhup pada, Jum’at (11/10/2024) kemarin pagi waktu setempat sampai dengan selesai.

Penanaman Benih Padi Gogo itu sendiri merupakan salah satu Program dari Kementerian Pertanian, untuk mengatasi kondisi darurat pangan. Dengan upaya meningkatkan Ketahanan Pangan Nasional, khususnya di Kabupaten Murung Raya (Mura) telah menyiapkan sebanyak 10.000 Ha lahan bahkan kemungkinan lebih, yang tersebar di 10 (sepuluh) Wilayah Kecamatan. Sebagai upaya dari Daerah Kabupaten untuk ikut ambil bagian di dalam Program Lumbung Pangan Nasional serta Program Mencetak 1 (satu) juta sawah di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

H. Sugianto Sabran mengharapkan nantinya akan ada dilakukan penggantian dengan menggunakan tenaga mesin serta teknologi pertanian lainnya dalam menghadapi pembukaan ladang milik masyarakat. Agar tidak lagi dengan cara membakar melainkan dengan cara menggunakan teknologi pertanian modern yang semuanya butuh support dari Pemerintah Pusat.

“Mudah – mudahan Pemerintah Pusat dapat segera memberikan solusi terutama Kementerian LHK dan Kementan untuk memberikan traktor bajak atau peralatan lainnya yang bukan hanya untuk di daerah rawa. Sehingga tidak ada lagi dengan cara membakar akan tetapi menggunakan teknologi atau alat – alat pertanian modern nantinya,” ungkap H. Sugianto Sabran yang di dampingi Dr. Hermon.

Pj. Bupati Kab. Mura, Dr. Hermon pun juga menyampaikan penanaman Benih Padi Gogo hari ini yang ketiga kalinya sudah dilaksanakan di 3 (tiga) Wilayah Kecamatan yakni Kecamatan Tanah Siang, Kecamatan Tanah Siang Selatan, dan Kecamatan Laung Tuhup. Dan ini akan kami terus lanjutkan di masa musim penanaman tahun ini hingga selesai dan terlaksana semua di 10 (sepuluh) Wilayah Kecamatan.

Penanaman Benih Padi Gogo kemarin turut di hadiri dari jajaran Pemprov Kalteng, Unsur Forkopimda Kab. Mura, Tripika Kecamatan Laung Tuhup serta masyarakat dan para tamu undangan lainnya. (F55)

Array

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya